Sekilas Manajemen (Resume 1)
Sekilas Manajemen
Mata kuliah pengantar manajemen merupakan basic,mata kuliah dasar yang wajib diambil oleh seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi karena akan memberikan dasar dasar terkait dengan begaimana kita mengelolah sebuah organisasi baik sifatnya profit maupun non profit.
Mata Kukiah Manajemen merupakan Mata Kuliah Dasar Keahlian(MKDK)bagi seluruh mahasiswa untuk semua program studi di Fakultas Ekonomi. Mata kuliah ini mencakup konsep dasar teori manajemen,sejarah perkembangan manajemen,pengaruh lingkungan tehadap organisasi dan fungsi-fungsi manajemen yang meliputi perencenaan, perorganisasian, pengarahan dan pengendalian dalam organisasi.
Manajemen itu dalam kontaks formal bermanfaat apabila menjadi suatu instansi atau berniat menjadi entrepreneur ini menjadi suatu hal yang penting (basic skill) bagaimana bisa mengelolah suatu usaha atau bisnis kalau tidak paham tentang manajemen, kebanyakan entrepreneur bangkrut karena salah satunya adalah ketidak pahaman konsep dari manajemen itu sendiri.
Manajemen artinya suatu proses untuk mengelolah sumber daya yang ada untuk mencapi tujuan organisasi / perusahaan. Manajemen bisa di anggap sebagai ilmu tetapi bisa juga dianggap sebagai sebuah seni karena ini menyangkut cara bagaimana kita mengelolah sumber daya yang ada untuk kepentingan tujuan organisasi atau perusahaan.
Manajemen bermanfaat kalau nantinya berorganisasi tapu secara non formal juga bermanfaat bagi diri sendiri contoh sederhana misalnya Anda becita cita menjadi entrepreneur setelah lulus dari fakultas ekonomi.
Dalam Manajemen ada istilah 6 M :
1. Man (munusia)
Man atau Manusia.Manusia merupakan faktor paling menentukan dalam manajemen. Tidak ada bisnis yang berjalan tanpa dengan adanya manusia.
Manusialah yang menentukan target dan manusia juga yang berusaha mencapai target tersebut. Tanpa manusia tidak ada proses kerja karena pada dasarnya manusia adalah makhluk yang bekerja.
Oleh karena itu, manajemen muncul karena orang-orang yang bekerja sama di dalamnya untuk mencapai target.
2. Money (uang)
Uang merupakan faktor penting dalam sebuah bisnis. karena uang merupakan alat tukar, ukuran nilai, dan seringnya dijadikan acuan dalam menentukan target usaha.
Uang menjadi target pencapaian, tetapi juga menjadi alat untuk mencapai target tersebut. Ia diperlukan untuk membiayai sejumlah alat produksi, membayar upah sumber daya manusia, hingga membiayai pemasaran.
3. Materials (bahan)
Material atau bahan terdiri dari bahan mentah, bahan setengah jadi, dan bahan jadi. Bahan diperlukan untuk melakukan produksi.
Dalam sebuah bisnis, untuk mencapai hasil terbaik, dibutuhkan kombinasi manusia yang ahli di bidangnya dengan material atau bahan yang bagus.
Material dan manusia tidak dapat dipisahkan. Tanpa material, hasil yang diinginkan tidak akan tercapai.
4. Machines (mesin)
Mesin juga sangat dibutuhkan dalam sebuah bisnis. Untuk mengolah material, setidaknya dibutuhkan sejumlah alat, salah satunya mesin.
Penggunaan mesin akan lebih memudahkan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar dan menciptakan efisiensi kerja.
Dengan adanya kemajuan teknologi, manusia tidak lagi sebagai asisten mesi seperti sebelum Revolusi Industri terjadi. Kini, mesin telah mengubah posisinya menjadi penolong manusia.
5. Method (metode)
Metode merupakan prosedur kerja yang akan membuat pekerjaan berjalan dengan lancar. Penentuan metode dilakukan berdasarkan kebutuhan bisnis.
Dalam menentukan metode, perlu untuk mempertimbangkan sejumlah hal. Mulai dari sasaran, fasilitas, penggunaan waktu, hingga biaya yang dikeluarkan.
Perlu diingat, sebagus apa pun metode kerja yang kamu buat, jika manusia yang melakukannya tidak kompeten, metode itu pun akan sia-sia.
Kembali lagi ke faktor manusia, bahwa manusia yang dipilih haruslah memiliki keahlian sesuai dengan bidang usaha.
6. Market (pasar)
Pasar merupakan tempat sebuah usaha menyebar luaskan informasi mengenai produknya. Di pasar pun terjadi transaksi jual-beli.
Memasarkan produk sangat penting untuk dilakukan dalam sebuah bisnis. Jangan sampai kamu sudah lelah memproduksi barang, tetapi tidak ada yang tahu mengenai keberadaan produkmu.
Dengan melakukan pemasaran, produkmu akan diketahui. Pasar akan menerima produkmu, lalu terjadi transaksi. Agar kamu dapat menguasai pasar, maka pasar dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen serta daya beli.
Fungsi Manajemen
1. Planning (perencanaan)
Planning (perencanaan) merupakan susunan langkah-langkah secara teratur untuk mencapai tujuan perusahaan. Perencanaan merupakah tahap awal dari proses manajemen karena pada tahap ini disusun berbagai kegiatan organisasi ke depannya sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.
2. Organizing (pengorganisasian)
Organizing (pengorganisasian) adalah suatu kegiatan pembagian tugas kepada setiap sumber daya manusia yang ada di perusahan sesuai dengan kemampuan masing-masing sumber daya manusia tersebut.
3. Actuating.
Actuating adalah menggerakan semua anggota kelompok untuk bekerja sama mencapai tujuan perusahaan. Tahapan ini terdiri dari kepemimpinan dan koordinasi, yaitu pemimpin perusahaan memimpin setiap sumber daya manusia yang ada untuk bekerja sesuai dengan perencanaan yang telah ditentukan sebelumnya. Pengarahan agar melakukan proses kegiatan dengan baik.Hal ini dapat menghindari persaingan yang ada antar sumber daya manusia yang bisa mengakibatkan tidak tercapainya tujuan perusahan.
4. Controlling.
Controlling bukan hanya sekedar mengendalikan pelaksanaan berbagai kegiatan yang dilakukan, namun juga melakukan koreksi-koreksi apabila aktivitas yang dilakukan tidak sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya. Dengan kata lain, tujuan utama dari controlling adalah untuk memastikan bahwa aktivitas yang dilakukan apakah hasil akhirnya sesuai dengan apa yang kita rencanakan atau tidak.
Manajemen bukan semata mata pendidikan yang harus dikuasai untuk bekerja di suatu asistensi atau mengelolah suatu perusahaan tapi juga untuk diri sendiri, makanya ada istilah manajemen diri. Kalau mau jadi orang sukses maka lakukan pekerjaan dengan baik, kelola sumber daya dengan baik, gunakaan sumber daya itu untuk mendukung program program yang dikerjakan lalu lakukan evaluasi apakah hasilnya akhirnya sampai atau tidak.
Materi Pengantar Manajemen
POKOK MATERI
SUB-MATERI
1. Konsep-konsep dasar manajemendalam organisasi.
1.1. Konsep-konsep dasar manajemendalam organisasi
2. Perkembangan sejarah ilmu manajemen dan penerapannya dalam organisasi saat ini.
2.1. Perkembangan sejarah ilmu
2.2. Penerapan dalam organisasi saat ini
3. Hubungan antara lingkungan dengan organisasi.
3.1. Hubungan antara lingkungan dengan organisasi
4. Perencanaan dalam organisasi.
4.1. Perencanaan dalam organisasi
5. Keputusan yang tepat dalam organisasi.
5.1. Keputusan yang tepat dalam organisasi
6. Dasar-dasar pengorganisasian dan memilih struktur organisasi yang tepat.
6.1. Dasar-dasar pengorganisasian
6.2. Struktur organisasi yang tepat
7. Kelemahan dan keunggulan masing masing jenis struktur organisasi.
7.1. Kelemahan masing-masing jenis struktur
7.2. Keunggulan masing-masing jenis struktur
8. Perubahan dalam organisasi.
8.1. Perubahan dalam organisasi
9. Sumber, model dan tipe kepemimpinan dalam organisasi.
9.1. Sumber kepemimpinan dalam organisasi
9.2. Model kepemimpinan dalam organisasi
9.3. Tipe kepemimpinan dalam organisaasi
10. Teori-teori motivasi.
10.1. Teori-teori motivasi
11. Komunikasi yang efektif dalam organisasi.
11.1. Komunikasi yang efektif dalam organisasi
12. Kerjasama tim yang baik.
12.1. Kerjasama tim yang baik
13. Fungsi pengendalian dalam organisasi.
13.1. Fungsi pengendalian dalam organisasi
Hubungan antara lingkungan dengan organisasi.
Organisasi sekarang ini tidak bisa terlepas dari lingkungan eksternal, menghadapi sendiri kejadian dan menyaksikan sendiri kejadian bagaimana Pandemi COVID 19 yang tidak pernah di prediksikan sebelumnya ternyata membuat tatanan kehidupan sosial baik pendidikan, kesehatan, ekonomi berubah total dan kita terpaksa menyesuaiakan diri kalau tidak susah untuk bertahan di masa COVID 19 ini. Sekolah, Kuliah yang tadinya tatap muka karena ada COVID 19 jadi tidak bisa melakukan tatap muka semua melalui online. Satu sisi ada hikmahnya karena terbiasa dengan pembelajaran berbasis digital, perusahaan perusahaan mulai berubah pelayanannya, yang biasa menggunakan layanan bersifat offline sekarang menggunakan layanan yang berbasis online. Itulah hikmah dari COVID 19, dipaksa untuk berbasis online teknologi informasi, mungkin kalau COVID 19 tidak ada kita santai santai saja untuk berbasis online.
SUMBER (REFERENSI)
Richard L. Daft. 2006.Manajemen, Jilid 1 Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat.
Richard L. Daft. 2006. Manajemen, Jilid 2 Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat.
Stephen P. Robbins, Mary Coulter. 2010.Manajemen, Jilid I, edisi 10. Surabaya: Erlangga.
Stephen P. Robbins, Mary Coulter. 2010.Manajemen, Jilid II, edisi 10. Surabaya: Erlangga.
Mahasiswa dituntut untuk mencari referensi sendiri tidak hanya yang diberikan oleh Dosen
Sumber Informasi Artikel
https://youtu.be/arQc4ZcEdqA
Komentar
Posting Komentar