Manajemen Di Era Perubahan Drastis (Resume 2)
Manajemen Di Era Perubahan Drastis
Apa?Mengapa?Bagaimana? Manajamen dalam dunia kerja/mengelolah usaha/mengelolah sebuah organisasi.
Di prinsipnya sebenarnya manajemen adalah seni bagaimana kita mengolah sumber daya baik uang, orang, mesin, metode, bahan baku untuk di kelola secara efisien agar tujuan organisasi bisa tercapai.
Manajemen itu menjadi penting manakalah lingkungan eksternal organisasi selalu berubah tapi persoalannya itu sendiri tidak pernah bisa kita prediksi kapan itu akan terjadi. Contohnya kita tidak bisa prediksi bahwa ternyata Pandemi Covid 19 bisa mengubah tatanan sosial baik itu di bidang pendidikan apalagi kesehatan, pengaruh terhadap ekonomi semua aspek kehidupan harus bisa menyesuaikan dengan kejadin Pandemi Covid 19. Artinya perubahan itu ibaratkan seperti Turbulent Times.
Dalam memanage organisasi atau perusahaan masa dimana lingkungan eksternal itu berubah begitu cepat dan perubahan itu berlanjut terus semakin tinggi perubahannya apalagi dengan kemajuan teknologi.
Perubahan Organisasi
-Kecepatan terus meningkat
-Perubahan adalah sumber utama risiko dalam bisnis
Contohnya perubahan selera konsumen dan tidak anda antisipasi dengan cepat maka bisnis akan tergilas. Maka pengusaha harus merangkul konsumen.
-Kekuatan pendorong
• Telekomunikasi
Telekomunikasi perkembangannya sangat cepat.
• Keragaman pekerja
Contohnya perusahaan luar yang membuka cabang di negara negara lain pasti akan mengrekrut karyawan karyawan dari negara lokal tersebut, mau tidak mau harus bekerja sama di dalam satu tim yang berasal dari wilayah yang berbeda.Maka yang terjadi adalah keragaman pekerja.
• Kesadaran publik
Bisa menyebabkan bisnis harus beradaptasi dengan publik.Contohnya sebelumnya di supermarket di sediakan kantong plastik tapi setelah ada larangan kantong plastik kenapa?karena LSM menuntut pemerintah untuk mengurangi sampah plastik dan sampah plastik susah untuk di daur ulang karena susah di daur ulang maka tidak bisa digunakan untuk menjadi kompos maka dari itu tidak ada cara lain selain mengurangi material berbahan pastik salah satunya adalah kantong plastik.Sekarang toko toko tidak menyediakan kantong pelastik kecuali kantong yang ramah lingkungan. Apabila anda punya toko harus menyesuaikan kebijakam tersebut.
• Pasar global
Produk itu sekarang tidak hanya beredar di satu negera tertentu apalagi dengan adanya kemajuan teknologi di masa sekarang ini. Kalau anda mau jualan awalnya akan ke pasar domestik tapi sekarang dengan adanya internet produk produk yang anda display orang lain yang diluar negara kita bisa melihat produk produk yang display oleh anda tanpa berkunjung ke toko.Lama ke lamaan produk anda kalau disukai oleh konsumen laur negeri berarti produk produk anda akan menjadi produk global, global artinya produk itu bisa didapatkan di semua negara. Contohnya KFC, microsoft
• Komunitas pemangku kepentingan
Masyarakat yang berkepentingan terhadap organisasi atau perusahaan kita itu juga selalu memiliki kepentingan yang berbeda beda. Bagi perusahaan kan kepentingannya bisa juga suplayer,konsumen,karyawan,anggota masyarakat sekitar yang tinggal di sekitaran kantor perusahaan itu juga menjadi sumber faktor faktor yang mendorong perubahan.
Kekuatan pendorong : Teknologi
”Teknologi yang semakin maju telah menyusutkan dunia.”
Sekarang dengan kemajuan teknologi kalau ada konferensi di luar negeri gak perlu datang secara fisik ke negeri tersebut, dengan adanya teknologi contohnya lewat via zoom bisa ikut dalam konferensi tersebut. Jadi dunia semakin menyusut akibat kemajuan teknologi tersebut.
Kekuatan pendorong : Keragaman
“Meningkatnya keragaman pekerja telah membawa beragam nilai, perspektif, dan harapan yang berbeda di antara para pekerja”
Karena keragaman budaya dan kita bekerja dengan latar belakang yang berbeda dengan kita maka nilai nilai, perspektif dan ekspektasi dari anggota tim pasti berbeda. Sehingga kalo kita tidak bisa mengolah keberagaman tersebut tidak akan efektif karena pasti selalu ribut dengan persoalan persoalan sepeleh.
Kekuatan pendorong : Kesadaran Publik
“kesadaran publik telah menjadi jauh lebih sensitif dan menuntut agar organisasi lebih bertanggung jawab secara sosial”
Sewajarnya jika perusahaan memberikan balasan kepada masyarakat agar masyarakat mau berpartisipasi terhadap peningkatan hidup masyarakat, tanggung jawab sosialnya harus di tingkatkan. Responsible(bertanggung jawab) jenisnya bermacam macam: beasiswa untuk anak anak yang tidak mampu, membuat fasilitas umum yang diperlukan oleh orang banyak, donasi apabila ada bencana ,dan banyak lagi.
Kekuatan pendorong : Pasar Global
“berusaha untuk tetap kompetitif dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat.”
Kenapa? Karena ini mebuka pasar yang lebih luas lagi, selama ini kita hanya ekspor dan impor dengan 1 negera tertentu saja misal Rusia itu tidak akan memiliki nilai tambah kecuali untuk Rusia dan Indonesia tapi global market place (pasar global) produk produk kita bisa di pasarkan ke seluruh negara.
“banyak dari 3 negara dunia telah bergabung dengan pasar global menciptakan arena yang lebih luas untuk penjualan dan layanan.”
Menciptakan peluang pasar yang lebih luas lagi.
Kekuatan pendorong : Pemangku Kepentingan
Komunitas pemangku kepentingan
“organisasi bertanggung jawab kepada pemegang saham, dan fokus pada membangun hubungan dengan karyawan, pelanggan, mitra, dan pemasok”
Perusahaan itu (pemegang saham) tuntutan mereka pasti simple bagaimana perusahaan ini setiap tahun provitnya meningkat sebab dari provit tersebut tentunya ada pembagian hasil untuk para pemegang saham, tuntutan mereka juga harus dipenuhi karena mereka yang punya saham kalau mereka tidak di penuhi oleh perusahaan maka bisa saja melarikan modal besar besaran sehingga perusahaan akan menjadi bangkrut karena kekurangan vinencial.
Kita juga harus membangun hubungan dengan karyawan,pelanggan,mitra ,dan pemasok. Coba saja membuat produk yang membuat pelanggan kecewa dia akan cerita kepada orang lain. Bisnis itu harus berkelanjutan bukan hanya semata mata untuk mendapatkan satu pelanggan. Pelanggan yang kita inginkan adalah pelanggan yang selalu rutin membeli produk kita. Hubungan perusahaan dan pelanggan akan membuat perusahaan akan bertahan. Tapi apabila perusahaan hanya cari untung kemudian menyebabkan pelanggan kecewa perusahaan tidak akan bertahan.
Sifat Manajemen
-Mengatasi beragam tantangan yang jauh jangkauannya
-Kekuatan pendorong
• Telekomunikasi
• Keragaman Pekerja
• Kesadaran Publik
• Pasar Global
• Pemanku Kepentinga
Pergeseran pola pikir untuk menavigasi turbulensi
Manajer diminta untuk …
• Bekerja ekstra tetapi dengan menggunakan sumber daya yang sedikit
• Melibatkan seluruh karyawan
• Melihat perubahan dengan normal, jangan sampai takut dengan perubahan
• Menciptakan visi dan nilai budaya yang mendorong kerja sama diantara karyawan
Membuat perbedaan untuk hari ini
Membutuhkan integrasi…
-Keterampilan manajemen yang telah dicoba dan benar
-Pendekatan baru yang menekankan
• Sentuhan manusia
• Tingkatkan fleksibilitas
• Melibatkan hati,pikiran, dan tubuh karyawan
organisasi yang sukses tidak terjadi begitu saja mereka dikelola seperti itu!
Pengertian Manajemen
-Manajemen adalah upaya pencapaian tujuan organisasi dengan cara efektif dan efisien.
Efisien mengasilkan sesuatu output dengan dengan sumber daya yang kita gunakan dengan seminimal mungkin, outputnya maksimal sumber daya minimal.
Efektif berkaitan dengan apakah tujuan itu tercapai atau tidak. Sumber daya yang dibutuhkan dengan tujuan yang dicapai.
-4 Fungsi
• planning,
• organizing,
• leading, and
• controlling organization resources.
Manajer menggunakan banyak keterampilan untuk melakukan 4 fungsi tersebut.
Fungsi Manajemen
-Planning
“Pilih tujuan dan cara untuk mencapainya”
-Organizing
“Menetapkan tanggung jawab untuk penyelesaian tugas”
Pertunjukan
• Mencapai tujuan
• Produk
• Layanan
• Efisiensi
• Efektivitas
-Leading
“Menggunakan pengaruh untuk memotivasi karyawan”
-Controlling
“Memantau kegiatan dan melakukan koreksi”
Sumber Daya
• Manusia
• Keuangan
• Bahan baku
• Teknologi
• Informasi
Kinerja organisasi
Pencapaian tujuan organisasi secara efisien dan efektif.
• Organisasi – Entitas sosial yang diarahkan pada tujuan dan terstruktur dengan sengaja.
• Efektivitas – Sejauh mana organisasi mencapai tujuan yang dinyatakan.
• Efisiensi – Penggunaan sumber daya minumal (bahan mentah, uang, dan orang) untuk menghasilkan volume output yang diinginkan.
• Pertunjukan – Kemampuan organisasi untuk mencapai tujuannya dengan menggunakan sumber daya secara efisien dan efektif.
Tingkat manajemen
• Top Managers
• Middle Managers
• First-Line Managers
• Non-Managers (personal)
Pekerjaan Manajer
• Complex (Kompleks)
• Multidimensional (Multidimensi)
• Range of skills (Berbagai Keterampilan)
Keterampilan Manajemen
• Keterampilan konseptual – kemampuan kognitif untuk melihat organisasi secara keseluruhan dan hubungan antara bagian-bagiannya.
• Kemampuan manusia – kemampuan untuk bekerja dengan dan melalui orang lain dan bekerja secara efektif sebagai anggota kelompok.
• Keterampilan teknis – pemahaman dan kemahiran dalam melakukan tugas-tugas tertentu.
Jenis Manajemen – Horizontal
• Manajer Fungsional
-Bertanggung jawab atas departemen yang melakukan tugas fungsional tunggal dan
-Memiliki karyawan dengan pelatihan dan keterampilan serupa.
Contohnya:
-Iklan
-Penjualan
-Keuangan
-Sumber daya manusia
-Manufaktur
-Akutansi
• Manajer Umum
-bertanggung jawab untuk beberapa departemen yang melakukan fungsi yang berbeda.
Contohnya:
-Divisi mandiri seperti toko serba ada Dillard
-Manajer proyek memiliki tanggung jawab manajemen umum karena mereka mengoordinasikan orang-orang di beberapa departemen.
Bagaimana rasanya menjadi manajer?
• Kegiatan manajer
-multitasking
-hidup di panggilan cepat
• Peran manajer
-set harapan untuk perilaku seseorang
-Kegiatan yang beragam -> 10 peran
Kategori:
Informasi
Peran:
Memantau
Penyebar
Juru bicara
Kategori:
Antarpribadi
Peran:
Figuran
Pemimpin
Hubungan
Kategori:
Decisional
Peran:
Pengusaha
Penangan Gangguan
Pengalokasi Sumber Daya
Perunding
Mengelola bisnis kecil dan organisasi nonprofit
• perbedaan peran
• sumber sumber keuangan
• garis bawah yang tidak konvensional
Manajemen dan tempat kerja baru
• karakteristik
-sumber daya = Bit – informasi
-kerja = fleksibel, virtual
-pekerja = Karyawan yang Diberdayakan, agen bebas
• Kekuatan pada organisasi
-Teknologi = Digital, e-bisnis
-Pasar = Global, termasuk internet
-Tenaga Kerja = Beragam
-Nilai = Perubahan , Kecepatan
-Acara = Bergolak, tangisan lebih sering
• kelengkapan manajemen
-ledaeship = Tersebar, memberdayakan
-fokus = Koneksi ke pelanggan, karyawan
-Melakukan pekerjaan = Dengan tim
-Hubungan = Kolaborasi
-Desain = Eksperimen, organisasi pembelajaran
Manajemen dan tempat kerja baru
• kekuatan pada organisasi
• kompetensi manajemen baru
-kepemimpinan yang tersebar
-memberdayakan orang lain
-hubungan kerjasama
-keterampilan membangun tim
-organisasi pembelajaran
Mengelola selama masa yang penuh gejolak
• Tetap tenang
• Terlihat
• Mendahulukan orang sebelum bisnis
• Katakan yang sebenarnya
• Tahu kapan harus kembali ke berbisnis
Sumber Informasi Artikel
https://youtu.be/3TGZ2u--vVM
Komentar
Posting Komentar